Saturday 3 December 2016

MENGGARAP PI


Tak terasa saya kini telah sampai pada Semester 5 di perkuliahan saya, pada semester 5 ini dengan kebijakan baru yang ditetapkan oleh Kampus Gunadarma, bagi mahasiswa akuntansi yang sudah memasuki tingkat 3, maka di semester 3 mereka harus mengambil matakuliah Penelitian Ilmiah. Penelitian itu dituangkan dalam sebuah Penulisan ilmiah yang disusun secara sistematis dan sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh pihak kampus. Mungkin kalu dikampus lain terdapat istilah magang atau praktek kerja lapangan. Lebih kurang matakuliah Penelitian Ilmiah ini sama dengan hal tersebut. Akan tetapi kalau memang inginmerasakan magang, sebagai mahasiswa gunadarma, dapat mendaftar menjadi asisten Laboratorium yang nantinya diseleksi dan harus lulus dari berbagai tes yang diberikan.

Penulisan ilmiah ini adalah salah satu syarat utama bagi semua mahasiswa gunadarma, dimana penulisan ilmiah ini dapat dilanjutkan dengan penulisan skripsi ditingkat empat nanti sebagai prasyarat lulus menjadi sarjana (S1). Sekarang saya akan sedikit berbagi tips bagaimana menggarap dan menyelesaikan skripsi agar tepat waktu, bahkan kalau bisa lebih cepat dari yang seharusnya.

Yang pertama adalah tetapkan target kapan akan menyelesaikan penulisan tersebut, tak lupa harus diiringi dengan do’a kepada Allah agar target tersebut dapat terealisasikan bahkan lebih baik dari yang kita target.

Yang kedua adalah Jangan merasa underestimate apalagi sampai depresi, ya bisa dibilang “mengalir saja”, tetapi jangan terlalu santai. Karena pada semester ini kita juga masih harus menghadapi matakuliah lain yang juga memiliki prioritas yang tak kalah penting dibandingkan penulisan ilmiah kita. Godaan pasti akan banyak datang, yang terpenting adalah menyediakan waktu untuk menggarap dan menyelesaikan penulisan tersebut.

Yang ketiga buat lingkungan yang mendukung untuk menyelesaikan penulisan tersebut, jangan sampai karena lingkungan yang kurang mendukung mebuat target yang telah dibuat menjadi terabaikan. Maka harus mencari tempat yang nyaman untuk mengerjakan penulisan tersebut, dengan kata lain harus pandai meluangkan waktu dan menentukan tempat untuk mengerjakannya.

Yang keempat adalah berusaha segiat mungkin, usaha seseorang pasti tidak akan dikhianati oleh hasilnya. Maka harus memiliki semangat lebih dari matakuliah-matakuliah yang lain dalam artian mengetahui mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Ingat pengorbanan orang tua jauh lebih besar dibandingkan pengorbanan yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan penulisan tersebut. Jadi kita juga harus melakukan pengorbanan untuk meminimalisir dalam penggunaan HP dan alat komunikasi lain, bukan berarti meninggalkan secara totalitas, karena jika hal tersebut sampai dilakukan, malah justru dikahwatirkan akan timbul perasaan bosan dengan penulisan yang tengah kita garap.

Yang terakhir harus memikirkan bagaimana jika penulisan ini tidak cepat diselesaikan, maka akan menghambat penulisan selanjutnya, yakni SKRIPSI dan artinya akan menghambat KELULUSAN, maka dari itu tentunya kita tidak ingin mengecewakan harapan orang-orang yang kita sayang bukan? Sudah sewajarnya kita harus menyelesaikan penulisan tersebut dengan tepat waktu.

No comments:

Post a Comment