Wednesday 3 May 2017

DFD

Tulisan ini akan sedikit memberikan gambaran tentang Data Flow Diagram (DFD) dari sebuah prosedur sistem yang berjalan disebuah Apotek berikut dengan saran dan masukan yang diberikan.

Prosedur Sistem Berjalan
Proses pembelian
u  Konsumen membeli obat dari apotek generik baik resep dari dokter ataupun membeli tanpa resep dokter dan memberikannya kepada Store Manager (kasir). Kemudian mengecek persediaan barang.
Pengecekan Barang
u  Bagian assisten apotek mengecek persediaan barang (obat obatan) yang ada di penyimpanan obat, stelah itu menginformasikannya kepada Store manager apakah barang itu ada atau tidaknya.
Proses Penjualan
u  Store manager (penginput data pembelian) memasukan apa saja obat yang dibeli oleh konsumen baik berdasarkan resep dokter atau bukan dengan  menggunakan  aplikasi visual basic, mulai dari jenis  obat dan kuantiti.
Proses Pembayaran
u  Setelah store manager menginput data pembelian dari konsumen dan selanjutnya menginformasikan harga barang, maka selanjutnya konsumen membayar total beli, dalam pembayaran ini jenis pembayaran berdasarkan cash member payment atau cash non member payment. Jika jenis pembayaran berdasarkan cash member payment maka konsumen mendapat diskon. Kemudian store manager mencetak struk pembelian dan memberikannya pada konsumen.



DFD SISTEM BERJALAN

DIAGRAM KONTEKS
DIAGRAM NOL

Perancangan Prosedur yang Diusulkan
Pembelian Obat 
u  Supplier membuatkan faktur pembelian yang akan diserahkan pada saat obat dikirim ke apotek. 
u  Apoteker menerima faktur pembelian lalu  menginputkan data pembelian.  
u  Supplier menyerahkan obat retur, lalu apoteker mnginputkan ke penerimaan obat.
u  Apoteker mencetak laporan pembelian untuk diserahkan ke pemilik Apotek. 
Pengecekan Barang
u  Bagian assisten apotek mengecek persediaan barang (obat obatan) yang ada di penyimpanan obat, stelah itu menginformasikannya kepada Store manager apakah barang itu ada atau tidaknya.
Penjualan obat resep 
u  Konsumen memberikan resep ke juru resep. 
u  Kasir menerima resep lalu menginputkan data dengan  menggunakan  aplikasi visual basic, mulai dari jenis  obat dan kuantiti. yang ada di resep, lalu dihitung untuk mengetahui total bayar untuk diinformasikan ke konsumen, jika konsumen  setuju dengan harga maka cetak faktur jual lalu resep diserahkan ke apoteker.
u  Apoteker menyediakan atau meracik obat sesuai resep lalu obat di kemas dan diserahkan ke juru resep.
u  Juru resep memberikan obat serta menjelaskan aturan pakai obat dan faktur penjualan ke konsumen.
u  Kasir mencetak laporan penjualan.  
Penjualan Non Resep 
u  Konsumen meminta obat bebas. 
u  Kasir menginputkan dengan  menggunakan  aplikasi visual basic, mulai dari jenis  obat dan kuantiti. obat yang diminta konsumen, jika obat ada lalu dihitung harga obat untuk diinformasikan ke konsumen. Jika setuju dengan harga maka Juru resep menyediakan obat, lalu obat dan diserahkan ke konsumen.  
u  Kasir mencetak faktur penjualan lalu diserahkan ke konsumen. 
u  Mencetak laporan penjualan lalu diserahkan ke pemilik Apotek.  
u  lalu diserahkan  ke supplier.


DFD USULAN SISTEM
DIAGRAM KONTEKS

DIAGRAM NOL

No comments:

Post a Comment