Tuesday 11 October 2016

SADARKAH ANDA TENTANG WAKTU?


Jika kita lihat didalam Al-qur’an, Allah SWT meng-atas-nama-kan waktu, bahwasanya setiap orang berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal shaleh, mengajak kepada kebaikan dan saling menetapi dalam kesabaran. Begitu berharganya waktu bagi setiap orang sehingga ada pepatah yang mengatakan “waktu adalah uang”. Lantas apa makna dari semua itu? Menurut pemahaman saya, ketika seseorang menyediakan waktunya untuk anda maka orang tersebut telah mengorbankan harta terbesarnya untuk anda. Selain itu, ayat tersebut bermkana bahwasanya manusia yang Allah ciptakan dan diberi waktu untuk hidup didunia ini berarti telah Allah berikan sesuatu yang berharga dengan diberikannya waktu kedalam kehidupan mereka.

Orang yang baik dan memiliki intelegensi yang tinggi tidak akan mengabaikan kata-kata seseorang yang tengah berbicara kepadanya, atau memberikan sikap acuh tak acuh. Ia akan berusaha untuk mendengarkan dengan seksama, menghargai setiap detail perkataan lawan bicaranya. Fenomena yang terjadi saat ini sangatlah miris. Ketika orang tua, guru, dosen atau orang yang lebih tua lainnya tengah berbicara kepada anaknya misalkan, bukan pendengaran yang penuh konsentrasi yang mereka dapatkan, akan tetapi sikap acuh tak acuh dari sang anak yang mereka terima, dengan orang yang lebih tua saja masyarakat kurang memiliki perhatian, apalagi terhadapa lawan bicara yang lebih muda.

Jadi, dengan waktu yang telah Allah berikan kepada kita, itu berarti kita memiliki berbagai kewajiban. Bagaimana waktu tersebut bermanfaat bagi diri kita pribadi dengan membahagiakan orang-orang yang kita kenal maupun tidak kita kenal, juga kita manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan sesuatu yang istimewa kepada sang pemberi waktu dengan menjalankan perintahnya dalam ketulusan.

Allah SWT sangat baik kepada kita, memberikan waktu hingga detik ini. Sudah kah kita bersyukur dan memanfaatkan waktu tersebut dengan baik? Kalaulah kita gunakan waktu kita untuk mencari uang, jangan sampai setiap detik dalam hidup kita hanya digunakan untuk hal tersebut. Percayalah, kebahagiaan hidup baik didunia maupun diakhirat bukanlah terletak dalam uang yang banyak.

Telah banyak contoh dikehidupan nyata, bagaimana orang-orang yang memiliki uang miliyaran bahkan triliunan tetapi masih merasa kurang dan tidak mendapatkan kebahagiaan dari uangnya tersebut, sebab sejatinya Allah tidaklah meletakkan kebahagiaan didalam harta, Allah meletakkan kebahagiaan pada ketaatan dalam menjalankan segala perintahnya dengan menjauhi apa yang dilarangnya. Semoga saya dan pembaca dianugrahkan oleh Allah waktu-waktu yang berkah sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik setiap detiknya dalam mengarungi derasnya cobaan dan rintangan hidup didunia.

No comments:

Post a Comment